Total Tayangan Halaman

Senin, 19 Januari 2015

Bisnis Tukang Sate



Penulis : Yulia Riani (Maki)
 
Sebut saja namanya pak Bejo. Pak Bejo adalah seorang penjual sate yang masih baru mengawali usahanya . Berbekal gerobak, kipas sate, kipas angin, panggangan sate, pak Bejo mulai berdagang. 

Di hari pertama, setelah buka warung, pak Bejo nungguin pembeli. “”Yaaah kok sepi yaa…..”””. Hari pertama ngga ada yang beli, pak Bejo mulai galau… Akhirnya piker-pikir apa yaa yang bikin orang-orang mau mampir ke warungkuu… Jualan sate itu yang membuat orang tertarik adalah bau satenya ! Aha!

Sehingga pak Bejo memutuskan mengambil beberapa tusuk satenya, lalu dibakar, dibakar sate asap membumbung tinggi, harum bau sate menyebar, gak lama kemudian datang ibu-ibu, lalu bapak-bapak, ke warung pak Bejo untuk beli sate.

Pak Bejo membakar satenya pake arang. Arangnya harus dikipasin terus supaya bara apinya nyala. Ternyata jualan sate capek juga, kata pak Bejo. Akhirnya pak Bejo dibantu kipas angin kecil di letakkan di dekat panggangan satenya, wah lumayan, ngga capek kipas-kipas teruss!

Pak Bejo menyediakan 2 bumbu sate, bumbu kacang dan bumbu kecap, rasanya sudah pasti mantap. Karena pake bumbu-bumbu rahasia kekeke….. Pokoknya beda sama sate di tempat lain. Biar orang-orang kalo mau beli sate ingetnya ke Pak Bejo karena yang paling enak. 

Pembaca yang budiman, jika cerita ini membuat anda kepingin makan sate silahkan membeli di counter-counter terdekat wkwkwkwk.

Jadi, kayaknya bisnis Oriflame kita ini, mirip sama bisnis tukang sate yaa..
Ketika kita mulai berbisnis, langkah selanjutnya supaya bisnis kita berkembang adalah dengan “MENGABARKAN” ke orang lain. Kalo pak Bejo di atas cara ngasih taunya dengan berinvestasi beberapa tusuk sate untuk di bakar supaya asapnya menggoda orang-orang di sekitar warungnya, lha kalo kita ya mulai berpromosi di blog/social media/menyebarkan catalog, supaya orang lain “NGEH” oooh kita sedang menjalankan bisnis Oriflame yaaa.

Pak Bejo investasi, mengorbankan beberapa tusuk sate yang harusnya buat dijual. Sama juga mulai berinvestasi, beli catalog, mungkin beli domain untuk dipakai mempersingkat  web replika, mengisi timeline FB kita yang biasanya sepi jadi diselipin kata-kata Oriflame, jadi ANTI GALAU dll. Yang intinya ada yang berubah dari sebelum kita ngga jalanin Oriflame dan setelahnya.

Trus kalo nungguin warung biasanya biar laku gimana? Iyaaa, murah senyum kalau di kita ya ramah dengan orang lain, dengan yang bertanya tentang bisnis kita. 

Apalagi? Misalnya jualan sate, di Tanya, pak bumbu kacang aja, pak saya ngga mau bumbu kecap. Sebagai tukang sate yang professional pasti sudah tau apa  itu bumbu kacang. Kalo ngga tau ya mungkin buka buku resep. 

Sama juga, kalau kita jalanin bisnis Oriflame, hal-hal basic yang harus tau misalnya tentang apa itu Welcome Program, apa itu d’BC Network, apa itu Oriflame, berapa lama berdiri, dll.
Ngga tau itu semua? Ya buka eBook, hehehe.. Ngga tau apa itu eBook, ngga pernah buka? Ya pantes, wkwkwkwk… Jadi buka eBook itu penting, member area itu penting banget dipelajari, di explore semua sudut-sudutnya. 

Di komplek saya ada yang jualan sate juga, lariiiiisss abiiisss…Pak Haji yang jual sate ini sudah cukup sukses walaupun warungnya hanya kecil sepetak di depan komplek, yang beli pasti ngantri.
Kenapa? Karena pak Haji hapal dengan semua pembeli setianya. Pak Haji cepat pelayanannya . Bumbu satenya maknyuss, hehehe. Tiap orang yang mau masuk komplek mencium aroma satenya pak Haji karena lokasinya di pintu gerbang. Dan satu lagi, pak Haji menyediakan layanan DELIVERY, pake ojek  Cuma nambah 3 ribu saja, dan beliau punya database, misal bilang “Pak sate ayam 25 tusuk , dianter ke bu Andri ya pak”. Beliau sudah tau bu Andri berada di blok mana dan nomer berapa, wkwkwkw , canggih men! Udah kaya Blue Bird, pesen sekali, maka data kita akan tercatat di database perusahaan.
Dengan kelebihannya itu, pak Haji sudah pernah naik Haji (namanya juga pak Haji), trus kalau lebaran pak Haji pulang kampungnya bisa 2 bulan. Intinya pak Haji sukses dan bisa menikmati hidup, karena di 10 bulan setiap tahunnya beliau bekerja keras memberikan pelayanan yang baik untuk para pembeli satenya. 

Nah sekarang pusatkan perhatian pada si panggangan sate. Ada arangnya, ada kipas angin untuk bantu kipasin si sate dan ada kipas bamboo yang dipegang pak penjual sate. Motivasi anda menjalankan bisnis Oriflame, adalah ibarat si bara api dari arang. Bayangkan, bisa ngga kita bakar sate tapi arangnya ngga nyala? Sama seperti kita juga, bisa ngga kita sukses disini kalau ngga punya motivasi, aku harus sukses buat siapa, demi siapa Kalau belum punya “BUAYA” si arang akan hampa tanpa baranya, ciiaaah. Satenya ngga akan mateng, impian tidak akan tercapai, satenya akan dingin membeku dan lunglai tanpa harapan…*eeeeaaaaa

Upline itu ibaratnya hanya si kipas sate. Orang yang membantu mengingatkan saja. Kenapa kita hanya harus bekerja dengan coreteam dengan orang yang juga mau mewujudkan impiannya? Karena bekerja dengan orang yang tidak mau, tidak butuh, yang cuek dan iseng sama aja kita ngipasin sate yang tidak ada bara apinya. Kapan makan satenya kalo kipas-kipas sate yang ngga ada apinya? Capek aja kita kipas-kipas terus, satenya ya tetep aja begitu-begitu aja..*plak..plakk.

Jadi itulah saudara-saudara. Lain kali kalo pergi ke tukang sate, amatilah cara kerjanya . Si penjual sate itu ngga ngerti SARPIO memang, ngga pernah ikut eTraining, hiihihi. Tapi kita bisa belajar banyak dari beliau. Banyak pelajaran yang bisa kita petik dari seorang penjual sate. 

Untuk teman-teman yang baru bergabung, jangan ragu berpromosi tentang Oriflame di FB, dimanapun, segala sesuatu yang kita kerjain dengan passion pasti akan lebih hasilnya. Jangan malu, jangan gengsi, karena bayar listrik ngga bisa pake daon.. Gunakan nomor konsultan kita sebaik-baiknya, manfaatkan kesempatan semaksimal, FULL TILT..

www.atikrahmani.net
pin bebe : 7FE30B2E
WA : 081212484682

1 komentar:


  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SANJAYA, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SANJAYA
    kata Pak kiyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SANJAYA Di Tlp 082399986107 atau klik disini
    berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
    hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin
    seperti saya coba hubungi KYAI SANJAYA pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus